Cara Menambah Daya Pengapian Motor

0 votes
asked 7 Mei pada Otomotif oleh Bino
Bagaimana cara untuk menambah daya atau arus yang keluar dari spul pengapian motor agar kinerjanya menjadi lebih bagus dan meningkat?

1 Jawaban

0 votes
Terjawab 7 Mei oleh Monomoro

Hal ini bisa dilakukan dengan memodifikasi spul motor anda dengan cara memperbesar diameter kawat spul motor anda. Yang perlu diperhatikan adalah jumlah gulungannya harus sama agar voltasenya tetap sama tapi arusnya menjadi meningkat.

“Ukuran kawat standar pabrikan adalah 0,8 mm. Diganti dengan kawat email yang mempunyai ukuran 1,2 mm. Dengan jumlah lilitan yang sama dengan standarnya yaitu 4 gulungan, ini akan membesarkan arus yang dihasilkan. Namun, jika jumlah lilitan yang diperbanyak, yang akan bertambah adalah tegangannya,” jelas Aji Nugroho mekanik dari bengkel kelistrikan HokieDokie.

Penggantian kawat gulungan sepul ini jangan sampai mengurangi jumlah lilitan. Apabila kawat gulungan diperbesar namun jumlah lilitan ini dikurangi maka tidak akan efektif. Ini juga tidak berlaku pada sistem kelistrikan yang masih half wave. Karena arus yang besar akan terbuang ke ground.

Upgrade kawat menjadi 1,2 mm dengan jumlah lilitan yang sama

Setelah kawat digulung ulang, kawat tembaga ini dilapis oleh cairan isolator agar tidak mudah terjadi korsleting. “Penggantian kawat sepul ini bisa memperbesar arus 50% dari standarnya sistem half wave, dan 25% lebih besar dari full wave biasa.

Jadi, dijamin aman buat yang ingin menambahkan beban kelistrikan di sepeda motornya ,seperti pemakaian lampu 2 buah HID, hingga pemasangan audio sistem,” klaim Aji  yang bengkelnya ngendon di Kp. Buaran Jaya RT. 05 RW. 014, Bekasi Barat, Jawa Barat.

Sumber: http://motorplus.grid.id/Motoguide/Tips-Ubah-Kawat-Spul-Magnet-Standar

Halo kawan, disini kalian bisa bertanya dan menjawab apapun yang kalian inginkan. Semoga dengan adanya portal ini kita semua bisa berkolaborasi dan menjawab semua pertanyaan yang ada.
...